10 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

 10 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

- Olahraga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan, keseimbangan tubuh, dan menjaga mood. Olahraga perlu dilakukan demi memiliki tubuh yang sehat dan memiliki banyak energi. Berikut manfaat olahraga beserta tips agar nyaman melakukannya.

Manfaat Melakukan Olahraga

Dilansir dari buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 9 oleh Paiman, detikHealth, dan laman Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, kegunaan olahraga adalah:

1. Menaikkan Mood

Melakukan kegiatan aerobik berintensitas sedang sekurang-kurangnya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko kematian dini dan membuat tubuh lebih bersemangat.

Walau hanya dengan melakukan aktivitas olahraga ringan, namun jika secara teratur akan membuat kita semangat menjalani hari dan mood lebih terjaga. Inilah sebabnya olahraga perlu dilakukan di pagi hari agar mood meningkat sebelum beraktivitas. Setiap orang dapat meraih manfaat kesehatan hanya dengan menjadi lebih aktif secara fisik.

2. Mencegah Penyakit

Anak-anak, orang dewasa, dan orang tua saat melakukan olahraga bisa lebih optimal dalam menjaga kesehatan. Sederhana saja seperti olahraga jalan kaki, renang, bersepeda, sepak bola, lari, atau gerakan senam aerobik dapat membantu mencegah sejumlah kondisi buruk jangka panjang.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah (Cardiovascular)

Diketahui bahwa penyakit jantung merupakan peringkat pertama penyebab kematian. Ada dua macam faktor risiko penyebab penyakit ini, yakni faktor terbiasa hidup pasif sehingga sering duduk/berbaring, dan faktor suka merokok, tekanan darah tinggi, lemak tubuh tinggi, diabetes, hidup stress, dan minum alkohol.

Khawatir dengan penyakit jantung? Olahraga teratur dapat membantu mencegah atau menangani banyak masalah kesehatan, termasuk: stroke, sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, dan masalah jantung. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan risiko kematian dari beragam penyebab.

4. Mencegah Osteoporosis

Olahraga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri sendi atau nyeri pinggang bawah. Olahraga yang sedang, termasuk berjalan, berenang, dan bersepeda dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoarthritis.

Olahraga jika dilakukan oleh orang muda dan anak-anak dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu untuk mempertahankan tulang yang kuat. Bahkan mampu memperlambat degenerasi tulang di kemudian hari.

Manfaat olahraga teratur dapat membantu mencegah osteoporosis yaitu ketika tulang menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap patah tulang. Tapi jika sudah memiliki osteoporosis, lebih baik memilih olahraga seperti berjalan atau olahraga senam aerobik.

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan radikal bebas. Aktivitas jasmani yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara untuk membantu mencegah kanker tersebut.

Orang yang rajin olahraga cenderung lebih rentan terkena kanker tertentu jika tidak aktif secara fisik. Risiko kanker payudara dan kanker usus adalah sekitar 25% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak aktif olahraga.

Olahraga dapat membantu mengurangi kelelahan selama dan setelah pengobatan untuk kanker payudara atau kanker prostat. Selain itu dapat meningkatkan efektifitas proses metabolisme tubuh, termasuk di antaranya adalah sistem kekebalan tubuh menghadapi sel kanker.

6. Mencegah Diabetes

Rutin melakukan olahraga dapat membantu mencegah diabetes. Manfaat olahraga juga dapat mengurangi faktor-faktor lain sebagai penyebab risiko diabetes, misalnya obesitas.

Bahkan jika sudah terlanjur terkena diabetes, olahraga secara teratur dapat membantu mengontrol sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan tekanan darah.

Aktivitas olahraga dapat membantu mengontrol tingkat kadar gula darah yang sehat dan mampu mengontrol lemak tubuh, sebagai faktor risiko diabetes tipe II.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga teratur dapat mengurangi risiko depresi dan demensia. Hal ini juga dapat membantu untuk mengobati depresi jika sudah memiliki kondisi tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Kecenderungan merasa lebih bahagia, memiliki citra diri dan kesejahteraan yang lebih baik jika aktif secara fisik.

Saat kita berolahraga secara otomatis akan menimbulkan rasa bahagia, pikiran jernih, dan membuat mental lebih sehat. Selain itu, olahraga sangat baik untuk kesehatan otak.

8. Menurunkan Berat Badan

Melakukan olahraga teratur dapat membantu mengendalikan berat badan dan membuat tubuh lebih ideal. Aktivitas fisik membakar kalori dan membantu menciptakan keseimbangan energi yang sehat. Olahraga sangat penting untuk semua orang untuk menjaga berat badan yang sehat.

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat kamu melakukan aktivitas fisik, kamu membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang terbakar.

Setiap jumlah aktivitas lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali. Jadi jika tidak memiliki waktu gym, kamu bisa turun naik tangga atau berjalan sekitar 45 menit dengan santai setiap hari.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga kardio ataupun olahraga ringan lainnya dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hanya saja jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, ya! Biarkan tubuh dingin selama 2-3 jam sebelum tidur jika memang olahraga baru bisa dilakukan di malam hari.

10. Mengembalikan Gairah

Tubuh yang mudah lelah dan tidak fit tentu juga tidak dapat menikmati hubungan seksual secara optimal. Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri terhadap penampilan fisik yang dapat meningkatkan kehidupan seksmu.

Aktivitas fisik atau olahraga juga dapat meningkatkan gairah wanita. Pria yang rutin berolahraga lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang tidak berolahraga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Pencemaran Limbah Industri

KESADARAN BERBANGSA