Apa Itu Disease X,

 Apa Itu Disease X, Pandemi yang Akan Muncul di Masa Depan?

Ironisnya, peneliti meramalkan manusia tidak lebih siap untuk menghadapi pandemi berikutnya.

Ini adalah pendapat yang disampaikan Dr Kenneth Iserson, profesor emeritus pengobatan darurat di Universitas Arizona, Amerika Serikat, spesialis dalam pengobatan global dan bencana.

"Dunia sudah melihat sejumlah penyakit baru yang berpotensi berkembang menjadi Disease X (Penyakit X)," kata Dr Iserson seperti dilansir The Straits Times, Kamis (31/12/2020).

Disease X mengacu pada nama placeholder yang mengakui kemungkinan penyakit menular parah yang masih belum diketahui manusia.

"Mungkin ada penyakit menular lain yang tidak dikenali yang sudah beredar, yang memiliki implikasi yang menghancurkan," kata Iserson.

Dia menilai, bagaimana kita menanggapi pandemi Covid-19 adalah cerminan bahwa kita belum belajar banyak untuk mempersiapkan diri menghadapi pandemi berikutnya.

Disease X adalah salah satu dari selusin patogen mematikan, termasuk sindrom pernapasan akut parah (SARS) dan Ebola.

Penyakit tersebut adalah prioritas utama penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengingat potensinya yang bisa menyebabkan pandemi.

Covid-19 adalah Disease X yang menjerumuskan dunia ke dalam krisis pada tahun 2020.

Banyak negara mulai meluncurkan vaksin yang dikembangkan dalam waktu singkat di tahun baru ini.

Namun di saat bersamaan, Iserson memperkirakan, mungkin ada penyakit tak dikenal yang bahkan nama dan jejaknya belum terlacak sedang mengintai manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Pencemaran Limbah Industri

KESADARAN BERBANGSA