Inilah Asal Usul Sejarah Terbentuknya Pramuka

 Inilah Asal Usul Sejarah Terbentuknya Pramuka di Dunia

JAKARTA, RIAUGREEN.COM – Bermula dari perkemahan di sebuah bukit Brown Sea, Inggris dalam tempo delapan hari pada 25 Juli 1907, muncul ide dari Lord Robert Baden Powell untuk mencetuskan Pramuka. Gagasan Letnan Jenderal dari Inggris tersebut direspon positif sehingga Pramuka menyebar hampir di seluruh dunia hingga berlabuh ke Indonesia.

Scout adalah istilah Pramuka yang diprakarsai Powell pertama kali di Inggris ketika itu. Disebut Scouting atau Scout Movement karena pada awalnya gerakan ini berupa pengembangan secara fisik, mental dan spiritual kepada para pemuda. Namun, gerakan ini tidak seperti mengembleng pemuda yang ingin masuk ke dunia militer, meski Powell merupakan seorang tentara.

Sebagai tahap awal merintis Pramuka, Powell membentuk Scout khusus untuk anak laki-laki. Dia juga menulis Scouting for Boys, buku pedoman itu menjadi panduan bagi anak Pramuka laki-laki saat itu. Pada 1912, Powell mengajak Agnes adik perempuannya ikut bergabung hingga muncul Pramuka perempuan yang disebut Girls Guides.

Powell yang wafat di Nyeri, Kenya 8 Januari 1941, mengawali kariernya sebagai tentara ketika bergabung dengan pasukan Hussars pada 1876. Ia kemudian diangkat menjadi mayor jenderal atas upayanya mempertahankan Kota Mafiking dari upaya penyerangan musuh.

Pada 1908, Powell menyandang Letnan Jenderal setelah berada di Inggris saat perang masih berkecamuk. Saat berada di negaranya, Powell mulai berhalusinasi mendirikan Pramuka. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O'Hara yang membuat pria kelahiran 22 Februari 1857 menciptakan Pramuka.

Di mata masyarakat Inggris, Powell bukan anak dari keluarga kelas menengah ke bawah, sebab Prof Domine Baden Powell ayah Powell adalah seorang guru besar Geometri di Universitas Oxford, Inggris.

Sebelum wafat, Powell sempat membentuk organisasi Pramuka untuk usia 17 tahun yang disebut Rover Scout. Pramuka akhirnya terus berkembang di seantero negara kerajaaan tersebut, program dan organisasi Pramuka dilanjutkan istri Powell, Olave St Clair Soames.

Ide Powell mencetuskan Pramuka mendapatkan respon positif di beberapa negara eropa, termasuk Belanda yang ketika itu menjajah Indonesia.

Belanda menyebut Padvinder sebagai gerakan Pramuka-nya. Pada saat penjajahan Belanda, mereka mengagas perlunya Indonesia dihadirkan Pramuka. NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda) inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Pramuka di Indonesia yang dideklarasikan Belanda.

Kala Belanda digempur Jepang dan akhirnya Belanda hengkang dari Tanah Air. Pramuka Belanda yakni Padvinder dilarang keras untuk berkembang di Indonesia.

Pasca-kemerdekaan, KH Agus Salim yang ketika itu menjadi Menteri Luar Negeri Kabinet Amir Sjarifuddin merubah nama Padvinder menjadi Pandu atau Kepanduan sehingga kemudian lahirlah Pramuka di Indonesia.

Pramuka alhirnya dilegalkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) No 12 tahun 1961 pada 5 April 1961. Pramuka kemudian dikenalkan secara luas ke Indonesia pada 14 Agustus 1961 sehingga setiap tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai hari lahirnya Pramuka di Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Pencemaran Limbah Industri

KESADARAN BERBANGSA