Manfaat Desa Adat bagi Masyarakat

 

Manfaat Desa Adat bagi Masyarakat dan Negara


Indonesia terkenal dengan budaya, bahasa, dan adatnya yang sangat kaya. Di Indonesia juga masih bisa ditemukan beberapa desa adat yang masih lestari sampai sekarang. Sebutkan manfaat desa adat bagi masyarakat dan negara!

Desa ternyata memiliki manfaat yang cukup besar baik bagi masyarakat maupun negara. Apa saja manfaatnya? Simak jawabannya berikut ini.

Rusyan dalam Membangun Desa Berprestasi (2023) menjelaskan desa adat adalah warisan organisasi kepemerintahan masyarakat lokal yang dipelihara secara turun-temurun yang tetap diakui dan diperjuangkan oleh pemimpin dan masyarakat desa adat agar dapat berfungsi mengembangkan kesejahteraan dan identitas sosial budaya lokal.

Desa adat juga bisa diartikan sebagai sebuah kesatuan masyarakat hukum adat yang secara historis memiliki batas wilayah dan identitas budaya yang terbentuk atas dasar teritorial yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa dengan dasar hak asal-usul.

Kesatuan masyarakat hukum adat terbentuk berdasarkan 3 prinsip dasar, yaitu genealogis, teritorial, dan/atau gabungan genealogis dan teritorial.

Negara mengakui dan menghormati masyarakat hukum adat serta hak tradisionalnya selama masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip NKRI.

Karena kesatuan masyarakat hukum adat ditetapkan menjadi desa adat melaksanakan fungsi pemerintahan (local self government) maka ada syarat mutlak:

    . adanya wilayah dengan batas yang jelas

    . adanya pemerintahan dan perangkat             lain serta pranata lain dalam kehidupan         masyarakat adat seperti perasaan                     bersama, harta kekayaan, dan pranata           pemerintahan adat.

Sebutkan Manfaat Desa Adat bagi Masyarakat dan Negara!

Berikut ini beberapa manfaat desa adat:

. Desa adat untuk menjaga warisan budaya dan tradisi. Desa adat serta masyarakat yang tinggal di dalamnya selalu menjaga dan mempertahankan warisan budaya dan tradisi dari generasi ke generasi. Mereka hidup dengan cara tradisional sehingga secara tidak langsung budaya dan tradisi tetap hidup di lingkungan mereka.

. Desa adat untuk konservasi lingkungan. Masyarakat desa adat selalu memperhatikan keseimbangan alam dan menjaga lingkungannya dengan baik.

. Desa adat untuk memajukan ekonomi. Perekonomian lokal bisa terus maju dengan berbagai produksi lokal dan pariwisata yang diusung oleh desa adat.

. Desa adat untuk menjaga sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada jumlahnya terbatas. Namun, masyarakat desa adat memiliki cara untuk mengolah dan mengelola sumber daya alam sehingga berkelanjutan dan bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Pencemaran Limbah Industri

KESADARAN BERBANGSA